Merangsang Kontraksi Persalinan Dengan Cara Alami

  • Whatsapp
Merangsang kontraksi persalinan

Stimulasi puting payudara

Selain berhubungan seks, oksitosin juga bisa dikeluarkan saat anda menstimulasi puting payudara sehingga bisa merangsang kontraksi persalinan. Cara menstimulasi puting susu cukup dengan membersihkan daerah payudara dengan oil dan kapas. Tetapi perlu diingat, stimulasi ini harus dengan pengawasan yang tepat untuk menghindari kontraksi rahim yang berlebihan yang bisa membahayakan janin.

Bacaan Lainnya

Rutin Jalan Kaki

Selain untuk memperkuat otot dan melancarkan sirkulasi darah, rutin berjalan kaki juga dapat mendorong bayi turun kepanggul. Anda bisa rutin menerapkannya dirumah dengan berjalan kaki di pagi atau sore hari sekitar 30-1 jam perhari.  Perlu diingat, saat sudah mendekati persalinan jangan berjalan terlalu jauh karena dikhawatirkan membuat ibu hamil kelelahan dan tidak memiliki tenaga saat mengejan.

Gerakan Squat

Selain rutin jalan kaki, gerakan squat ini juga bisa membantu datangnya kontraksi persalinan yakni dengan melakukan gerakan jongkok berdiri dan punggung berada pada posisi tegak secara perlahan-lahan. Tetapi jika ingin melakukan gerakan squat ini ibu hamil harus dengan pengawasan.

Induksi alami memang menjadi pilihan yang tepat jika ibu hamil ingin mempercepat datangnya kontraksi persalinan. Tetapi, hal ini  tidak bisa dilakukan pada ibu hamil dengan kondisi seperti riwayat kehamilan kembar dan preeklamsia dalam kehamilan. Maka ibu hamil ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter atau bidan agar tidak terjadi komplikasi saat ingin melakukan induksi alami.

Pos terkait